Senin, 06 April 2015

5 Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa


Buat kamu para mahasiswa, tinggal jauh dari orang tua pasti dituntut untuk mandiri. Termasuk dalam mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari di tempat kos dan uang kuliah. Banyak yang belum mengerti bagaimana cara mengatur keuangan serta menghemat belanja per bulan. Sehingga banyak yang tak dapat menyisihkan uangnya untuk menabung, salah mengatur bisa juga malah kurang ini itu.
Teman-teman, kamu gak perlu khawatir. Sebenarnya tidak terlalu sulit mengatur keuangan buat kamu yang masih berstatus mahasiswa. Jangan takut uang kamu kandas di tengah bulan sehingga harus berhutang sana-sini untuk menyambung hidup hingga akhir bulan. So, yang kamu butuhkan adalah Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa. Kali ini hadir dengan trik yang dapat langsung kamu aplikasikan sehingga keuanganmu dapat terkendali. Yuk simak!

1.Manajemen Amplop

Kamu bisa memulai dengan menyediakan pos-pos khusus untuk pengeluaranmu setiap bulan. Misalnya saja kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Meski terdengar konvensional, kamu bisa menerapkan ini untuk langkah awal mengendalikan keuanganmu lho. Terapkan metode memisahkan budget dengan amplop-amplop untuk membagi uang bulananmu. Ingat, jangan meletakkan telur dalam satu keranjang.

2. Buat Buku Catatan

Nah, kamu bisa membuat catatan keuangan sederhana untuk mencatat apa saja belanjaanmu selama satu bulan. Ini akan efektif untuk mengecek ke mana saja uangmu bermuara. Buatlah skala prioritas kebutuhanmu. Dahulukan yang penting, jangan terbalik!
Catat Pengeluaran

3. Berburu Diskon

Gak ada salahnya kamu mencoba untuk berburu diskon. Carilah berbagai informasi dari supermarket atau swalayan yang kerap memberikan diskon untuk berbagai barang tertentu. Dengan harga diskon, kamu bisa menyimpan sebagian uangmu dan mengalokasikan sisanya untuk berbelanja kebutuhan lainnya.
Berburu Diskon

4. Memasak Sendiri
Sebagai anak kuliahan yang ingin menghemat keuangan, kamu bisa mulai memasak makanan mu sendiri. Karena, jika kamu terus menerus membeli makanan siap saji di luar, maka kamu akan melakukan banyak pemborosan. Dengan memasak sendiri, terbukti lebih efisien untuk menghemat paengeluaranmu lho.
Memasak Sendiri

5. Kebutuhan Bukan Keinginan

Mulai sekarang, kamu harus belajar berbelanja sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginanmu. Banyak mahasiswa yang masih sulit membedakan antara mana yang benar-benar menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan. Memang tak menjadi soal membeli barang yang menjadi keinginan, namun jangan sampai membuat kamu lupa diri dan menimbulkan masalah tersendiri terutama bagi keuanganmu.

Tadi itu beberapa Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa sepertimu. Ingat, kamu harus belajar mengatur keuangan mulai saat masih kuliah sehingga nanti saat sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan sendiri, kamu sudah terlatih untuk mengelola keuangan untuk masa depanmu. 
Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar