Selasa, 07 April 2015

Kuliner di Pematang Siantar



Nah teman-teman, Kemarin saya udah bercerita singkat tentang PematangSiantar. dan ternyata ada yang menyarankan saya untuk membuat tentang kulinernnya agar buat teman- teman yang mau datang ke PematangSiantar lebih gampang mencari makanan khas
Ini ada beberapa makanan khas di PematangSiantar: 

1. Massa Kok Tong

kedai kok tong
Salah satunya kedai kopi Massa Kok Tong, sebenernya udh gak cocok dibilang kedai. Liat aja foto diatas, sepertinya lebih cocok disebut kafe. Menu andalannya Kopi O, ini kopi hitam, ada 2 pilihan bubuk halus atau bubuk kasar dan dua penyajian panas atau dingin. Selain Kopi O, masih banyak lagi sajian kopi lainnya, seperti kopi mocha, kopi susu, kopi jeli, minuman lainnya pun ada semacem teh tarik, teh susu telur (tst) dsb.
Untuk menemani secangkir kopi, disediakan juga menu cemilan macem franch fries, roti bakar, nugget dsb. Bahkan menu besar seperti mie seafood, nasi goreng juga tersedia disini
menu andalan kok tong
Tempatnya emang nyaman banget, cocok buat nongkrong lama-lama, terutama klo ditemani kawan atau kolega, baik sekedar ngobrol ngalur ngidul atau membahas bisnis.Untuk tempat yg asik, lu gak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Kopi O dihargain 8.000an doank secangkir kecil, sementara kopi variasi laennya maksimal 15 ribu ukuran gelas besar. Ceminal juga harganya normal, contoh roti bakar ya 6.000. Ekonomis banget kan dibanding franchise kopi yg banyak di jakarta. Tempat ini berlokasi di Jl. Sangnawahluh (Komp. Megaland Blok C no 31-33), Pematang Siantar

2. Badak

badak
Ada satu lagi minuman khas PematangSiantar, minuman Badak. Minuman rasa sarsaparila dengan kemasan botol seperti coca cola. Ini cuman ada di Siantar dan sekitarnya. Rasanya ya sarsaparila. Badak ini diproduksi oleh perusahaan bernama PT. Pabrik Es Siantar.

3.Burung Goreng RM TOP

Kalau berkunjung ke Pematang Siantar, Medan jangan lupa kunjungi RM Beringin. Rumah makan unik ini menyediakan menu yang sedikit unik yaitu burung goreng. Saking populernya bahkan rumah makan ini membuka dua cabang di sepanjang Jl. Siantar Medan.

Rumah makan ini menyediakan burung puyuh, burung merpati, burung ruak-ruak dan burung ayam-ayam. Kesemuanya dimasak dengan memakai proses deep frying seperti ini agar empuk.Penyajiannya layaknya rumah makan Padang. Kecuali burung, ada pula hidangan lainnya seperti ayam goreng atau bebek goreng.


Sebagai pelengkap burung goreng tersebut disediakan kecap manis yang diaduk dengan irisan rawit. Hmm... pastinya membuat rasa gurihnya daging burung makin mantap.Restoran nan sederhana ini memiliki area bersantap yang sangat luas. Bahkan tersedia pula mushola dan toilet. Nah, kalau kapan-kapan berkunjung ke Pematang Siantar jangan lupa mampir ya kak! Lokasinnya  Jl. Siantar – Medan KM 10.5, Kel. Sinaksak


4. Babi Panggang

Halooo Siantarrrr!! #Nonhalal Babi Panggang Karo atau biasannya lebih dikenal dengan sebutan BPK. BPK dapat di temukan hampir di seluruh kabupaten Sumatera Utara. Makanan non halal ini berasal dari karo tetap sesuai dengan namannya juga.


BPK biasannya dihidangkan dengan makanan lainnya seperti :
  • Soup Daging Babi
  • Daun Ubi Tumbuk Campur Kelapa Parut
  • Darah Babi yang Sudah di Olah
  • Sambal Khusus
  • Nasi Putih 
  • Kidu-kidu 
  • Arsik

Lokasinnya ada di sepanjang arah jalan ke Pematang Siantar- Brastagi


5. MIE GOMAK

Mie Gomak biasanya disajikan untuk makanan sarapan, bisa dicampur dengan lontong atau spesial hanya mie gomak saja. 



Mie Gomak sendiri bahan utamanya adalah mie lidi, alias spaghettinya hahahahaha..mie yang besar dan kaku seperti lidi. Dibilang mie gomak mungkin karena penyajiannya mie diambil pakai tangan si penjual langsung tanpa menggunakan sendok kepada si pembeli, karena gomak sendiri artinya dalam bahasa Batak dipegang atau diambil langsung pakai tangan.






 6. Babi Panggang - Kedai Kopi 88

#Nonhalal Lunch di Kedai Kopi 88 yang terkenal dgn Babi dan Ayam panggangnya. Lokasinya di Jalan Surabaya depan Sekolah Sultan Agung, spot ini selalu ramai pengunjung karena memang makanan enak dan rasany TOP. Ada daging goreng, merah, telur, rendang, kerupuk. Ada kuah sayur asam juga biar tidak terlalu kering.


Kemudian ada kuah manisnya juga, utk cabainya juga kecap dgn irisan cabai rawit. Overall maknyus!!!!!Seporsi 24k aja dan rasa lapar pun lenyap seketika.

7. Burung Goreng RM. Beringin Indah



Rumah Makan Beringin Indah , sedia burung goreng dan nasi soto. letaknya tidak begitu jauh lah dari kota siantar. cuman berkisar 10 kilometer dari pusat kota siantar.



Yang jelas , klo mau makan Burung goreng , wajib mengunakan tangan. biar semua daging2 nya nga bersisa ... ( jangan makan tulang nya ya , kecekek entar.)



satu ekor burung goreng????  NO.... , tolong jangan hanya makan satu ekor saja. makan lah lebih banyak karena pasti nikmatnya luar biasa.

Nah, Cukup sekian dulu yah teman-teman.
Kalau teman-teman ada merasa kurang makanan khas siantar bisa di comment di bawah. 

4 komentar:

  1. Posting makanan halal dan non-halal jangan disekaliin dong. Ntar kita dah ngences liat yg halal tau2 tiba2 nongol bpk. Coba aja lu bayangin apa yg terjadi?

    BalasHapus
  2. Lah iya, salah baca jadinya

    BalasHapus
  3. Lah iya, salah baca jadinya

    BalasHapus
  4. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com


    bosku minat daftar langsung aja bosku^^

    BalasHapus