Minggu, 05 April 2015

Cerita Pematang Siantar




Pematang Siantar? Mungkin buat kebanyakan orang jarang mendengarkan kota ini. Sebenarnnya saya berasal dari kota sini. Tapi sekarang saya kuliahnnya di pulau Jawa. Dan disini saya sering di bilang teman-teman bahwa Pematang Siantar itu kampung bukan kota. Soalnnya namannya jarang sekali didengar. Nah, teman-teman buat kali ini aku akan sedikit berbagi tentang indahnnya Pematang Siantar. Ini ada sedikit cerita tentang Pematang Siantar.Harap disimak yah teman-teman. Supaya tau seberapa indah Pematang Siantar.
Pematang Siantar yang merupakan kota terbesar di Provinsi Sumatera Utara setelah Medan memang memiliki lokasi yang strategis karena letaknya yang dilalui Jalan Raya Lintas Sumatera. Kota yang berjarak 128 km dari Medan ini juga sering menjadi jalur perlintasan menuju Danau Toba. Jadi kalau teman-teman ,Mau ke Danau Toba harus melewati kota Pematang Siantar dulu.

Kedai Kopi Kok Tong


sumber gambar: venus-to-mars.com

Kedai Kopi Kok Tong merupakan kedai tertua di Pematang Siantar yang menurut informasi telah berdiri sejak tahun 1925. Kedai kopi ini terletak di Jalan Cipto 115 Pematang Siantar yang juga berada tak jauh dari Toko Roti Ganda.
Di Kedai Kopi Kok Tong, sobat traveler dapat menemukan berbagai kopi seperti kopi susu, kopi robusta, dan makanan penggaanjal perut seperti mie ayam, bubur, dan bakpao. Yang wajib teman-teman coba di kedai ini adalah kopi robustanya yang sedap.

Kedai Kopi Sedap


sumber gambar: eatymologist.com

Kedai Kopi Sedap merupakan salah satu kedai yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi di Pematang Siantar. Kedai yang termasuk legendaris dan sudah berdiri sejak tahun 1939 ini terletak di Jalan Sutomo No.97 Pematang Siantar.
Kedai Kopi Sedap memiliki rasa kopi yang tidak terlalu pekat dan pahit namun efeknya tetap dapat membuat mata tahan melek. Kedai yang juga dikenal sebagai pemasok selai srikaya ini dapat menjadi pilihan asyik untuk menikmati secangkir kopi bersama kawan-kawan. Tak ada salahnya juga untuk mencoba roti bakar selai srikaya sebagai teman menikmati kopi hitam maupun kopi susu.

Toko Roti Ganda

sumber gambar: rudysalam18.blogspot.com
Toko Roti Ganda merupakan toko legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1979. Toko yang terletak di Jalan Sutomo No.89 Pematang Siantar ini menawarkan roti oles dengan ukuran kecil hingga besar yang diberi olesan selai srikaya, krim, atau pun meses coklat. teman-teman dapat memilih olesan sesuai selera. Toko yang tak pernah sepi oleh pembeli ini selalu menyajikan roti yang fresh dan menariknya lagi roti disini dibuat tanpa bahan pengawet namun tetap dapat bertahan lama.

Kebun Teh Sidamanik

Teman-teman juga dapat menikmati indahnya pemandangan dan sejuknya udara di tanah Batak. Perkebunan Teh Sidamanik tempatnya.
Kebun Teh Sidamanik_1
Kebun Teh Sidamanik merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik dan menjadi andalan wisata masyarakat Pemantangsiantar pada saat hari libur. Masyarakat sekitar juga sering menyebut kebun ini dengan sebutan Kebun Teh Bah Butong. Kebun teh ini sendiri adalah milik instansi pemerintah PTPN IV Medan. Perkebunan ini memiliki luas sekitar 8387 hektar yang telah ada sejak jaman kolonial Belanda dan merupakan perkebunan teh tertua di Pulau Sumatera yang masih ada sampai saat ini.
Perkebunan teh yang terletak di Kecamatan Sidamanik ini memiliki kontur berbukit-bukit. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah tanaman teh berwarna hijau bagaikan permadani yang menyejukkan. Udara di kawasan kebun teh ini juga sangat sejuk, cocok sebagai tempat melepas kepenatan.
Kebun Teh Sidamanik_3
Disini teman-teman dapat berjalan menyusuri jalan setapak diantara hamparan tanaman teh sambil berfoto-foto dan berburu obyek jepretan yang menarik. Di beberapa titik kawasan kebun teh, teman-teman dapat menemui para petani teh yang sedang memetik pucuk-pucuk daun teh. Bila tertarik, kalian juga dapat berlajar kepada para petani untuk memetik daun teh, memilih daun teh yang berkualitas, sampai mengetahui cara berkebun teh.
Kebun Teh Sidamanik_4
Penasaran kan gimana keindahan asli pemandangan di kebun teh ini?

Pesona Patung Dewi Kwan Im yang Tertinggi di Asia Tenggara





Klenteng Vihara Avalokitesvara yang berada di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, kerap kali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat untuk berwisata religi. Keunikan dari klenteng tersebut ialah tak lain karena terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter, dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.
Sosok Dewi Kwan Im adalah sosok seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Buddha. Sejarahnya, Dewi Kwan Im merupakan Bodhisattva atau calon budha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan. Selain itu, patung yang berdiri sejak tahun 2005 ini menjadi salah satu objek andalan pariwisata Kota Pematang Siantar. Terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang dari negeri seberang yang ingin melihat kemegahan patung Dewi Kwan Im.
Patung Dewi Kwan Im tersebut terbuat dari batu granit dimana proses pengerjaannya dikerjakan langsung di Negara China.Dan proses pengerjaanya memakan waktu sekitar 3 tahun. Patung tersebut pun diberi penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) karena kemegahannya yang luar biasa.
Sangat mudah untuk menemukan Vihara Avalokitesvara, karena letaknya yang strategis dan berada di jantung Kota Pematang Siantar. Tepatnya berada di Jalan Pane, Kecamatan Siantar Selatan. 

BECAK SIANTAR(BSA)



Kota siantar terkenal dengan Becak BSA nya dan Hanya satu-satunya Kota yang memiliki kenderaan BSA Peninggalan Perang Dunia ke II, oleh karena itu sangat perlu di pertahankan keutuhannya.. karena kenderaan ini adalah salah satu sejarah. jika kita singgah di kota Pematang Siantar 


Jangan lupa untuk mencoba naik kendaraan Becak BSA ini.. setelah anda menaiki becak ini.. rasakan perbedaanya dengan menaiki kendaraan yang lain.. sangat berbeda sekali.. 

Nah,teman-teman Pematang Siantar ga sekampung seperti yang kalian pikirkan bukan?

8 komentar:

  1. Mungkin mereka yang bilang blm prnh ke siantar gan. Kalo boleh saran, bisa ditambah yang lagi gan kaya tmpt" kuliner, sama tempat wisatanya. Megaland juga ok ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kakak. Makasih atas sarannya yah kakak. Nanti akan di proses di post berikutnnya,

      Hapus
  2. +juga info ttg karangsari, burung goreng beringin dan mie pangsit siantar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan saran akan di update.
      Maaf kalau masih banyak kurangnnya gan

      Hapus
  3. Iyh bnr tuh publis jg karangsari dmn permandian karangsari itu jg permandian jaman klonial belanda jg udh ada krn airnya asli dri kulit bumi alias mata air yg bsr dmn airny sgt jernih dn skrg ada saingannya permandian di batu 8 yg baru2 ini lmyn terkenal di siantar bserta utk kuliner jg burung goreng di beringin yg lezat gurih dn terjangkau harganya...byk lagi lh yg hrs qt kenalkan kota asal qt siantar...salam saya asli dri siantar dn saya tinggal di bandung jawa barat sama spti anda merantau di pulau jawa...bila mw dn perlu qt bs join memperkenalkan siantar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gan, Masukan dan saran akan di update, Join gmn maksudnnya gan?

      Hapus
  4. wkowkwokwokwo jadi kangen awak ter, kurang pansit ini ter wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pangsit ga ada aku fotonnya bang. Nanti pas balek la difoto bang.

      Hapus